Al Bukhori School adalah sebuah institusi pendidikan yang terdiri atas Kelompok Bermain (KB), Taman-Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penyelenggaraan seluruh jenjang pendidikan tersebut di bawah naungan Yayasan Islam Al Bukhori Jember yang secara resmi didirikan pada tahun 2015, di mana pada tahun ini kami telah merestrukturisasi beberapa jenjang pendidikan yang masih ada di bawah Yayasan sebelumnya. Sejak 2015, kami mengorganisasikan sekolah lebih sinergis dan terprogram guna memenuhi tuntutan perubahan global dimana penyelenggaraan pendidikan juga perlu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Atas dasar hal tersebut, pendidikan pada Al Bukhori School didesain lebih adaptif dalam strategi belajar dan mengajar untuk memenuhi keterampilan pendidikan abad ke-21, yang mencakup keterampilan belajar dan inovasi (life and innovative skills), keterampilan pengetahuan digital (digital literacy skills) dan keterampilan kehidupan (life skills).

Sebagaimana komitmen kami dalam menawarkan keterampilan abad ke-21 kepada siswa, kami selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan kondusif sesuai dengan level pendidikannya. Kami meyakini bahwa memiliki ilmu pengetahuan masih belum cukup sehingga siswa juga perlu dididik tentang bagaimana menerapkan ilmu yang dimilikinya selaras dengan budi pekerti yang luhur; adil, hormat, berkomitmen dan bertanggung jawab. Kami berkomitmen untuk membantu siswa dengan sebaik mungkin serta membimbing mereka agar menjadi orang-orang yang percaya diri dan penuh inspirasi, serta menjadi warga negara yang baik dengan memiliki tanggung jawab moral, sosial dan intelektual. Kami percaya dengan pendidikan yang holistik akan mencetak siswa yang berpengetahuan dengan kepribadian yang kuat dan luhur serta memiliki kepemimpinan yang baik.

Guru memiliki peran vital pada Al Bukhori School, yang mana kami meyakini bahwa guru adalah jantung dari sistem pendidikan yang kami terapkan. Dengan istilah lain, guru dipahami sebagai kunci dalam sistem pendidikan yang memiliki visi membawa perubahan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Namun demikian tidak berarti bahwa guru memiliki peran monopoli yang secara tradisional bertugas menyampaikan materi dan siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dalam kegiatan sekolah. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, siswa dapat mengakses ilmu dan pengetahuan dari beragam sumber informasi dan teknologi digital sehingga peran guru pada Al Bukhori School adalah fasilitasi. Karena bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, peran guru menjadi lebih strategis yaitu untuk membimbing siswa dalam rangka mengeksplorasi ilmu pengetahuan, gagasan, kreativitas, minat serta membantu menemukan dan mengembangkan bakat siswa sehingga kelak mereka akan menemukan jalan kesuksesan dalam kehidupannya. Hal yang mendasari pernyataan tersebut adalah karena kami meyakini bahwa setiap individu memiliki jalan masing-masing dalam mencapai kesuksesan dan dengan mengembangkan kreativitas individu merupakan sebuah cara untuk mengarahkan dan membina mereka untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Karenanya, pendidikan di Al Bukhori School perlu dimaknai tidak hanya tentang keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, namun juga tentang ide, kreativitas, inovasi, keluhuran sikap dan profesional dalam bertindak pada kehidupan sosialnya.

Ragam diskusi antarsiswa dan antara guru dan siswa merupakan cara untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik. Dengan diskusi, kami berusaha mendorong siswa mampu berpikir kritis dan melihat setiap permasalahan dari beragam sudut pandang. Perdebatan intelektual juga memberikan pengaruh penting dalam rangka membangun keterampilan bernalar yang baik serta keterampilan interpersonal dan intrapersonal siswa. Keterampilan ini memberikan nilai tambah (value added) bagi siswa yang akan berguna saat memasuki dunia kerja dan di dalam masyarakat. Karakteristik pendidikan seperti ini menjadi keunggulan Al Bukhori School, termasuk proses pembelajarannya yang berbeda dengan apa yang ada di sekolah lain.